Welcome to Rizky Darma Abdurrahman's Blog....

Tuesday, September 17, 2013

Search Engine

Search Engine (Mesin Pencari) adalah suatu aplikasi yang biasanya berbentuk website, dimana fungsinya adalah untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh netter. Netter yang paling sering menggunakan Search Engine adalah pelajar dan mahasiswa yang biasanya membantu mereka dalam pengerjaan tugas. Berbagai macam Search Engine yang ada di dunia maya saat ini berkembang begitu pesat. Mulai dari Search Engine yang sedang dibangun sampai Search Engine yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Dan berikut adalah beberapa contoh Search Engine yang ada di dalam dunia internet :

1.Google
Siapa yang tak kenal dengan Search Engine yang satu ini? Saya pikir semua mengenalnya, bahkan sampai ada yang mengenalnya dengan sangat mendalam. Search Engine yang berawal dari penelitian yang dilakukan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996 tentang teori yang mengungkapkan bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang sedang tren disaat itu. Sistem yang digunakan oleh mereka pada awalnya diberi nama BackRub karena mereka menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.
Yakin bahwa halaman dengan backlink yang paling banyak merupakan halaman yang paling relevan, mereka (Page dan Brin) mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka. Dan inilah yang menjadi fondasi dari terbentuknya mesin pencari mereka. Google Inc secara resmi dibentuk pada 7 September 1998.
Dan hingga sekarang, Google merupakan Search Engine yang begitu dikenal oleh masyarakat dunia karena desain website-nya yang sederhana, yaitu dengan hanya ada teks yang rapi dan tidak adanya agar loading halaman dapat berlangsung dengan cepat. Dan tahun-tahun selanjutnya, Google banyak melakukan akuisisi terhadap perusahaan lain seperti Youtube, Blogger, dll. Dan pada masa puncak kejayaannya di awal tahun 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL, dan CNN. Namun, share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.

2. Bing
Yang kedua adalah Bing. Tentunya netter sudah cukup mengenal Search Engine yang satu ini, yang akan menyambut penggunanya dengan Home Page yang menampilkan pemandangan dari seluruh dunia. Ya, Search Engine ini merupakan Search Engine besutan Microsoft, yang dimotori oleh Kepala Eksekutif Microsoft, Steve Ballmer, yang mengatakan bahwa Bing akan menggantikan MSN Live Search yang gagal bersaing.
Sebenarnya Microsoft telah memiliki 3 Search Engine sebelum Bing, yaitu MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Namun sayangnya, menurut Microsoft, ketiga Search Engine tersebut kurang menarik sehingga masih kalah bersaing dengan Google. Lalu Microsoft memulai inovasi dan usahanya dengan meneliti kelemahan-kelemahan pada Search Engine yang telah ada dan memperbaikinya. Lalu terciptalah Bing.
Bing resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2009, diciptakan dengan suatu teknologi yaitu teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Disamping itu, Bing juga dilengkapi dengan kemampuan menyimpan dan berbagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan Email.

3. Yahoo!
Dan yang terakhir adalah Yahoo!. Untuk yang satu ini pasti netter telah mengenalnya sejak lama, mungkin pertama kali mengenal fitur utamanya yang terkenal, email, saat berada di sekolah. Selain email, Yahoo! juga menyediakan fasilitas Search Engine juga.
Pada awalnya Yahoo! hanyalah fasilitas bookmark yang dibuat pada tahun April 1994 ketika dua orang alumni Stanford memperoleh liburan dari dosennya yang sedang cuti. Dua orang tersebut adalah mahasiswa teknik yang bernama David Filo dan Jery Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Dalam waktu yang cepat mereka mengumpulkan bookmark dan mengelompokkannya berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, kenapa tidak memasukkan ke dalam website saja? Lalu mereka melakukan hal iseng-iseng untuk mengisi waktu liburan karena cuti yang dilakukan oleh profesor mereka. Mereka berdua adalah calon penerima doktor (Ph.D). Karena semakin banyak daftar nama yang mereka kumpulkan, mereka membagi dalam kategori dan sub kategori.
Singkat cerita mereka mengumpulkan semakin banyak daftar nama, dan lalu mendapatkan banyak sponsor dari perusahaan-perusahaan pertama. Di tahun 1996, mereka mencapai kesuksesannya. Dan jaringan Yahoo! kini telah menjelajah di seluruh dunia.

Nah, diatas adalah 3 Search Engine yang menurut kami cukup terkenal di kalangan para netter. Semoga ulasan yang kami berikan bisa bermanfaat untuk para netter. Sampai jumpa lagi dengan tulisan kami berikutnya.

0 comments:

Post a Comment